Makanan Perangsang Hormon Tidur

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Rasa mengantuk yang membuat kita lebih mudah tertidur timbul karena adanya hormon melatonin. Selain itu hormon serotonin yang menenangkan juga akan membantu tubuh lebih rileks sehingga kantuk pun lebih mudah datang. Jika Anda termasuk orang yang sering mengisi malam dengan berbagai camilan, tak ada salahnya mengganti jenis snack Anda dengan bahan pangan yang akan mempercepat tidur. Berikut beberapa makanan yang direkomendasikan Pooja Vig, Ahli Nutrisi dari The Nutrition Clinic.

1. Buah Kiwi
Melatonin adalah hormon yang membantu Anda merasa rileks dan bisa cepat tidur dan Pooja mengatakan buah kiwi merupakan penguat melatonin alami. Mengonsumsi dua buah kiwi sebagai snack makan malam dipercaya bisa membuat tidur Anda lebih baik di malam hari.


2. Daging


Triptofan merupakan asam amino yang membantu otak untuk memproduksi serotonin. Serotonin adalah bahan kimia yang dapat menenangkan dan membantu Anda tetap rileks. Sumber baik serotonin dapat ditemukan dalam makanan berprotein tinggi seperti ayam, ikan telur, dan kacang. Sumber tertinggi triptofan ada pada kalkun. Inilah yang menjelaskan mengapa setelah seseorang makan daging selalu merasa mengantuk.


3. Susu

Jika Anda selalu merasa gelisah dan sulit untuk memejamkan mata minumlah segelas susu hangat pada malam hari. Hal ini akan membantu tubuh lebih santai dan tidur pun akan semakin nyenyak. Susu banyak mengandung hormon triptofan yang dapat menimbulkan rasa kantuk dan membantu tidur lebih nyenyak.
 

Ipenk 09 Oct, 2011


--
Source: http://www.dunia-unik.com/2011/10/makanan-perangsang-hormon-tidur.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

 
Copyright InfoCemen | Info Keren © 2011 - All right reserved - InfoCemen | Info Keren | Powered by. Blogger