Bukti Ludah Mampu Mempercepat Penyembuhan Luka

Sebuah penelitian para peneliti Belanda telah mengidentifikasi suatu zat dalam air ludah manusia yang mempercepat penyembuhan luka.

Seperti dikutip dari The Journal of  Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB), tim peneliti menyebutkan di dalam ludah terdapat histatin. Histatin merupakan protein kecil yang sebelumnya hanya dipercaya membunuh bakteri namun ternyata juga mampu menyembuhkan luka.

Dalam laporannya, penelitian itu menawarkan harapan kepada orang yang menderita luka kronis yang berhubungan dengan diabetes dan gangguan lain, serta luka traumatis dan luka bakar. Selain itu, karena zat tersebut dapat diproduksi secara massal, maka zat itu memiliki potensi untuk menjadi sama umumnya dengan krim antibiotik dan alkohol gosok.

"Kami berharap temuan kami pada akhirnya bermanfaat buat orang yang menderita luka yang tak kunjung sembuh, seperti borok di kaki dan luka akibat diabetes, serta bagi perawatan luka mengakibatkan trauma seperti luka bakar," kata Menno Oudhoff dalam laporan tersebut.

Studi ini sendiri bukan hanya menjawab pertanyaan biologi mengenai mengapa hewan menjilati luka mereka, tetapi juga menjelaskan mengapa luka di mulut, seperti luka setelah pencabutan gigi, sembuh jauh lebih cepat dibandingkan dengan luka pada kulit dan tulang. Hasil penelitian inipun dinilai mengarahkan para peneliti untuk mulai memandang air ludah sebagai sumber obat baru.

sumber: http://www.unikaja.com/2011/09/bukti-ludah-mampu-mempercepat.html#ixzz1XkjMkgnn

Ipenk 12 Sep, 2011


--
Source: http://www.dunia-unik.com/2011/09/bukti-ludah-mampu-mempercepat.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

 
Copyright InfoCemen | Info Keren © 2011 - All right reserved - InfoCemen | Info Keren | Powered by. Blogger